Sistem Informasi Akuntansi Kerugian Piutang Dengan Metode Umur Piutang Dan Analisa Perputaran Piutang Berbasis Client Server (Studi : PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah Kancab Semarang)

Feni Mustika Sari

Sari


Perusahaan perbankan yang bergerak dibidang simpanan dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, dan bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu dan dana menyalurkan dana sebagai usaha BPR. Sebagai perusahaan pembiayaan dituntut dapat memenuhi kebutuhan nasabahnya khususnya dalam memberikan pinjaman kredit atau pembiayaan.

            PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah terlihat mengalami peningkatan dalam pinjaman atau pembiayaan, namun juga diikuti dengan semakin turunnya nilai perputaran piutang yang terjadi, sehingga efisiensi penagihan piutang terjadi semakin berkurang. Hal ini tentunya akan lebih baik jika perusahaan dapat menekan piutangnya hingga perputaran piutang bisa naik.

            PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah dalam mengelola pencatatan piutang masih dilakukan secara manual belum terotomatisasi sehingga dengan sistem ini pencatatan piutang menjadi lama karena masih menggunakan buku – buku khususnya untuk mencatat piutang saat terjadi, angka yang dicatat pun kadang keliru. Tersedianya komputer belum digunakan secara maksimal karena aplikasi yang digunakan untuk masalah piutang saat ini hanya aplikasi office dimana belum ada integrasi antara data satu dengan data yang lain khususnya untuk mengola piutang dan aplikasi yang digunakan adalah microsoft office excel.

            Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada maka penulis mengusulkan sebuah sistem informasi akuntansi kerugian piutang dengan metode umur piutang dan analisa perputaran piutang di BPR Suriyah yang akan mempermudah dalam mengelola data piutang. Program tersebut diharapkan mampu menangani permasalahan yang ada.

Kata Kunci    : Sistem informasi akuntansi kerugian piutang, umur piutang, perputaran piutang, client server, my sql, Metode R&D


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: