SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI NILAI SISWA BERBASIS WEB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SEMARANG

Wahyu EY, Zaenal Mustofa

Sari


Permasalahan pekerjaan yang berulang-ulang yang dilakukan wali kelas saat pemrosesan nilai di sekeloh menjadi masalah utama yang dialami oleh setiap wali kelas disekolah. Sistem akademik yang baik sangat dibutuhkan karena hal ini mampu meminimalkan pekerjaan wali kelas.

MTs Negeri 2 Semarang dalam pemrosesan pelaporan data nilai masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan pengisian leger nilai. Guru pengajar mengisi data nilai ke leger nilai menurut per mata pelajaran. Kemudian dilaporkan wali kelas dalam bentuk nilai per mata pelajaran. Kemudian dari data nilai per mata pelajaran wali kelas harus mengolahnya kembali menjadi nilai per siswa dan mencetaknya. Hal ini akan menjadi pekerjaan berulang-ulang jika wali kelas juga menjabat menjadi guru pengajar. Pelaporannya pun masih menggunakan copy paste dari flashdisk ke flashdisk yang sangat mempunyai resiko akan kehilangan data. Hal ini ditambah dengan gedung sekolah yang terbagi menjadi dua gedung dengan jarak yang cukup jauh antara gedung lama dan gedung baru yang membuat guru pengajar akan merasa enggan untuk melaporkan nilai.

Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada maka penulis mengusulkan sebuah sistem administrasi data nilai berbasis web di MTs Negeri 2 Semarang yang akan mempermudah guru dalam mengolah dan melaporkan data nilai. Program tersebut diharapkan mampu menangani masalah yang ada dan meringankan pekerjaan wali kelas.

 

Kata kunci    :    Sistem Informasi Administrasi Data Nilai, Sistem Akademik Berbasis Web, MySQL, Metode Berorientasi Objek.

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: