Analytic Network Process (ANP) Dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dalam Strategi Pemasaran

Nur Avifah

Sari


Penelitian ini di lakukan pada CV. El Rahma Semesta yang bergerak dalam usaha di bidang pengolaan dan penjualan jilbab di kota Semarang. CV ini memiliki 3 toko yaitu Jilbab Corner Manyaran, Jilbab Corner Sekaran (UNNES), Malika Jilbab. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada CV. El Rahma Semesta menyatakan bahwa Terjadi ketidakstabilan penjualan pada beberapa toko sehingga menyebabkan banyak barang yang belum terjual dan penumpukan stok barang serta sulitnya menentukan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan penjualan yang ada pada tiap toko.

Untuk mempermudah dalam mengatasi permasalahan serta mencari strategi pemasaran secara tepat maka dibuatlah Sistem pendukung keputuasan pemilihan dalam strategi pemasaran dengan menggunakan metode  Analytical Network Process (ANP) dan Tecnic For Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan hal ini didukung oleh adanya uji validasi dari ahli pakar yakni 3,7 yang berarti valid. Karena terletak pada kriteria kevalidan 2.51 – 3,25. dan pengguna yakni 3,6 yang berarti sangat valid karena berada pada interval kevalidan 3,26-4,00. Sehingga sistem ini bisa digunakan untuk mencari strategi pemasaran tiap toko.

.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan pemilihan, Strategi Pemasaran,


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: