Simulasi Sistem Penghapus Bising Kendaraan Dengan Least Mean Square Adaptif Menggunakan Program Matlab

indra Ava Dianta, Sri Arttini Dwi Prasetyowati, Eka Nuryanto Budi Susila

Sari


Pada masa sekarang ini banyak pengembangan dan penelitian yang dilakukan bertujuan agar semakin banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan lebih jauh terutama dalam perkembangan dibidang teknologi. Penggunaan peredam kadang kurang cocok untuk kondisi ruang yang relatif kecil, selain itu penggunaan peredam juga membutuhkan biaya yang tinggi. Keadaan ini menjadikan hambatan dalam pemakaian alat peredam bising.

Bising merupakan permasalahan yang sering muncul dalam sistem komunikasi karena dapat mengakibatkan kesalahan dalam penyampaian informasi dari sumber informasi ke penerima informasi sehingga informasi yang diterima tidak sesuai dengan informasi yang dikirim bahkan dapat juga menghilangkan informasi yang dibawa.

Untuk menghilangkan bising yang ditimbulkan tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan Algoritma Least Mean Square( LMS ). Algoritma Least Mean Square (LMS) merupakan algoritma yang paling sederhana diantara algoritma-algoritma dalam sistem adaptif. nilai optimal yang dapat diambil dalam simulink penghapus bising kendaraan jenis motor adalah ukuran langkah ( μ ) = 0,07 dan panjang filter ( L ) = 32 Kata Kunci : LMS Adaptif , Penghapus Bising, Simulasi sistem, Program Matlab


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: