Sistem Monitoring Infus Menggunakan LoadCell Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dan Web (Studi Kasus di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang)

Yanuar Arif Wicaksono

Sari


Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang adalah salah satu Rumah Sakit di Semarang yang sistem monitoring infus atau proses pemantauan cairan infus pasiennya masih dilakukan secara manualoleh petugas medisnya. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut pengguna dalam melakukan suatu pekerjaan dikerjakan secara instan.Sehingga dibutuhkan suatu sistem monitoring atau pemantaun cairan infus pasien yang lebih efisien dan otomatis untuk meningkatkan pelayanan Rumah Sakit dalam hal memantau cairan infus pasien. Penelitian ini bertujuan untuk meringankan beban petugas medis dalam hal pemantauan cairan infus dan juga pasien dapat termonitori cairan infusnya sehingga tertangani dengan cepat proses penggantian cairan infusnya.

Penelitian dilakukan dengan metode R&D (Reaserch and Development). Perangkat kerasyang digunakan sebagai alat bantu monitoring cairan infus adalah (a) MikrokontrollerAtmega8535, (b)SensorLoadCell, (c) Modul Wifi Esp8266. Dan perangkat lunak sebagai pengolah data sensornya adalah (a)Bahasa Pemrograman C dengan sofware CVAvr, (b) Bahasa Pemrograman Php Script, (c) Bahasa Pemrograman Html + Css, (d) Data Base MySQL, (e) Server Lokal Xampp , (f) Berbasis Web Lokal atau LocalHost.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perancangan sebuah sistem monitoring cairan infus yang memanfaatkan wifi sebagai integrasi ke sistem mampu memonitori jumlah cairan infus pasien.(2) Sensor LoadCell mampu menginputkan jumlah cairan infus pasien. (3) Modul Wifi Esp8266 mampu mengirimkan data cairan infus ke sistem web base server lokal.

Kata kunci : Sistem Monitoring Infus, MikrokontrollerAtmega8535, Sensor LoadCell, Modul Wifi Esp8266, Web Base


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: