SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS POPULASI FLORA DAN FAUNA INDONESIA BERBASIS GOOGLE MAPS API (APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE)

Taufik Kurnialensya, Setiyo Prihatmoko

Sari


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia, dan termasuk negara dengan jumlah penduduk terbesar didunia. Salah satu kelebihan Indonesia adalah mempunyai keragaman flora dan fauna yang tersebar ke segala penjuru wilayah Indonesia. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberadan flora dan fauna diantaranya ialah faktor klimatik (iklim), edafik (tanah), dan biotik (makhluk hidup).
Realisasi pelaksanaan konservasi bidang kehutanan memerlukan langkah-langkah yang strategis, antara lain meningkatkan upaya preventif dan represif untuk mengurangi laju degradasi hutan dengan meningkatkan kapasitas keterlibatan masyarakat dalam kegiatan konservasi hutan, merehabilitasi kawasan hutan yang rusak, meningkatkan upaya pemanfaatan hasil hutan melalui budaya flora dan fauna serta kegiatan ekowisata.
Metode penelitian ini penulis menggunakan metode RND, perancangan program dengan menggunakan bahasa pemroraman PHP dengan database Mysql dan menggunakan fasilitas satelit dari Google Maps API.
Kata kunci: sistem informasi geografis, populasi, flora dan fauna, Indonesia, google Map

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: