Sistem Informasi Akuntansi Perhitungan Harga Pokok Produksi Sebagai Penentu Harga Jual Dengan Metode Job Order Costing Berbasis Web Studi Kasus di PT Semeru Karya Buana

Restia Nur Rachmawati, Sumaryanto Sumaryanto

Sari


Perhitungan Harga Pokok Produksi adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan kegiatan usaha. Harga Pokok Produksi adalah salah satu faktor penentu harga jual suatu produk. Selain itu harga pokok produksi dapat menunjukan besar laba suatu perusahaan. Namun kegiatan pencatatan harga pokok produksi di PT Semeru Karya Buana masih menggunakan cara yang manual yaitu menggunakan excel. Hal ini menyebabkan ketidakefektifan dalam waktu, infomasi yang dihasilkan akan lebih lama karena harus mencari komponennya satu per satu. Belum lagi data yang dihasilkan kemungkinan besar terdapat kesalahan dalam perhitungannya.

Penelitian ini bermaksut untuk memperlajari sistem yang sudah berjalan. Dan nantinya akan menghasilkan suatu program perhitungan harga pokok produksi sebagai penentu harga jual yang diimplementasikan dengan bahasa pemograman PHP dan basis data MYSQL. Metode perhitungannya menggunakan Metode Job Order Costing dimana harga produk yang akan berikan kepada konsumen dihitungan dengan cara membagi seluruh biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu produk dengan jumlah pesanan. Jadi keuntungan dari setiap produk dapat secara langsung dihitung. Semakin akurat data yang dihasilkan maka semakin baik pula perusahaan dalam menjalankan proses jualbeli.

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Harga Jual, Metode Job Order Costing, PHP


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: