Sistem Informasi Akuntansi Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Camel Sebagai Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Berbasis Web (Studi : Koperasi Simpan Pinjam Rachma Jaya Semarang)

Wulan Mahgfiroh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan pada koperasi Simpan Pinjam Rachma Jaya dengan menggunakan metode CAMEL model penelitian kesehatan keuangan yang menjadi tolak ukur obyek pemeriksaan koperasi yang dilakukan oleh pengawas.

Subyek dalam penelitian ini adalah pimpinan KOSPIN bagian accounting, obyek penelitiannya adalah menganalisa laporan keuangan seperti laporan Laba-Rugi, Laporan Neraca, Laporan Transaksi Kas dan Jurnal pada KOSPIN selama per periode . Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripstif dengan cara yag digunakan adalah laporan keuangan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis CAMEL.CAMEL sendiri terdiri dari lima kriteria yaitu Capital (Permodalan), Asset (Aktiva), Management (Manajemen), Earning (Rentabilitas), Liquidity (Likuiditas).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan keuangan yang akan menunjukkan kondisi yang menguntungkan atau merugikan koperasi. Pada penelitian ini, hasil yang diperoleh pada periode tahun 2017 skor sebesar 74,3. Hasil tersebut berada pada angka 60-80 pada ketepatan predikat, maka koperasi simpan pinjam Rachma Jaya Semarang masuk dalam katagori CUKUP SEHAT. Maka indicator ini perlu ditingkatkan lagi agar semua indikator pada kinerja keuangan khususnya yang berkaitan dengan tingkat kesehatan keuangan koperasi tetap terjaga dengan baik.

Maka penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Camel Sebagai Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi berbasis web (Study kasus koperasi rachma jaya).

Kata Kunci : Tingkat Kesehatan keuangan , Koperasi Simpan Pinjam, CAMEL, WEB, MySql, Metode R&D

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: