MEDIA PEMBELAJARAN KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN METODE SELF DIRECT LEARNING UNTUK SISWA KELAS 4 SD SEMESTER 1

Hajar Nuris Sofa

Sari


Kemajuan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh yang kuat pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan komputer merupakan alat yang sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah tentu sangat membutuhkan sebuah media pembelajaran sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar.

 

SDN 4 Krajan Kulon merupakan salah satu instansi pendidikan yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu baik dalam hal prestasi maupun pelayanan. SDN 4 Krajan Kulon memerlukan sebuah media pembelajaran yang bisa mendukung dalam proses belajar untuk memperbaiki prestasi siswa yang masih kurang, terutama pada mata pelajaran IPA.

 

Solusi yang ditawarkan pada penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran dengan metode self direct learning yang memudahkan penggunanya memahami materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan produk Research and Development (RnD), dengan memakai 6 dari 10 tahap penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain dan uji coba produk.

 

Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran dengan metodeself direct learning.Adapun nilai validitas dari ahli media sebesar 2,7 dimana dinyatakan layak, sedangkan nilai validitas dari ahli materi sebesar 3,4 dimana dinyatakan layak, dan meningkatkan nilai rata-rata kelas siswa kelas 4 SD sebesar 12% dari yang awal nilai rata-ratanya 71 menjadi 83,56.

 

Kata kunci: media, pembelajaran, kerangka tubuh, manusia


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: