Perancangan Game Edukasi Pengenalan Komponen Elektronika Menggunakan Adobe Flash ( Studi Kasus di Kelas X Teknik Audio Video SMK N 2 Pati)

Suwadi Suwadi, Mars Caroline Wibowo

Sari


 

Penulis merancang aplikasi “ Game pengenalan komponen elektronika” sebagai media pembelajaran atau game edukasi bagi siswa kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK N 2 Pati. Penulis memilih siswa kelas X Teknik Audio Video sebagai target user karena mempertimbangkan kesulitan awal secara teoritis siswa jurusan Teknik Audio Video tentang pemahaman komponen elektronika secara kusus dan metode pembelajaran yang masih dibilang masing konvensional. Dengan game edukasi diharapkan tercipta proses belajar yang interaktif dan menyenangkan yang diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada.

Aplikasi ini akan memberikan pemahaman pengenalan awal materi komponen elektronika dengan sederhana dan mudah. Melalui game pengenalan komponen elektronika bisa menjadikan awal untuk menciptakan game edukasi interaktif pada siswa agar memberikan dan membangun imajinasi positif kepada siswa dan guru. Aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan konsep grafis, kriteria education game dan kebutuhan pengguna ( user requirements).

Penelitian ini di implementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Action script dan perangkat lunak Adobe Flash Cs3. Aplikasi ini sangat interaktif dan dapat digunakan sebagai alat bantu pengajar dalam pembelajaran materi komponen elektronika di sekolah maupun secara mandiri oleh user. Aplikasi ini juga masih dapat disempurnakan untuk meningkatkan kualitas aplikasi di masa depan.

 

Kata kunci : Game edukasi pengenalan komponen elektronika, education game, action script, adobe flash Cs3, aplikasi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by