PERANCANGAN MULTIMEDIAINTERAKTIF PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN UNTUK KELAS XI MENGGUNAKANAUTOCAD PADA SMK WISUDHA KARYA KUDUS

Rifky Hadi Ihsan, Efendi Efendi

Sari


Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan metode pembelajaran yang dapat berinteraksi dengan penggunanya selain itu terdapat animasi penjelasan materi. Permasalahan pada SMK Wisudha Karya Kudus mengenai pembelajaran gambar tehnik mesin menggunakan AutoCAD adalah sulitnya memahami tool di aplikasi AutoCAD, hal ini menjadi tidak menarik dan sukar untuk memahami materi dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran interaktif gambar tehnik mesin menggunakan AutoCAD semester I dan II sebagai media bantu proses belajar siswa, memberikan alternatif media pembelajaran untuk membantu guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat bagi siswa.

 

Jenis metode penelitian menggunakan Metode R&D, metode yang digunakan antara lain metode deskriptif, evaluative dan eksprerimental. Metode deskriptif digunakan untuk menghimpun data tentang kondisi yang ada, metode evaluative digunakan untuk mengevaluasi proses uji coba pengembangan suatu produk dan metode eksperimen digunakan untuk menguji keampuhan dari produk yang dihasilkan.

 

Hasil penelitian ini yaitu program aplikasi, aplikasi yang telah dirancang dapat digunkan sebagai alternatif untuk memecahkan masalah yang ada di SMK Wisudha Karya Kudus. Dengan menggunakan media elektronik dalam media pembelajaran akan diperoleh manfaat membuat solusi alternatif dari maslah yang ada, yaitu berupa Aplikasi Pembelajaran Gambar Tehnik Mesin yang mampu memberikan vidio tutorial lengkap sesuai kompetensi dasar yang penulis ambil dari sumber buku mata pelajaran gambar tehnik mesin .

 

Kata kunci      : Media pembelajaran, Interaktif, Gambar Tehnik Mesin, AutoCAD


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by